AFN V2

Moderasi Islam antara Aliran Tekstual dan Liberal

User Rating: / 2
PoorBest 

Oleh: Dr. Yusuf Qaradhawi
REF: http://edosegara.blogspot.com/

DALAM buku tentang “Fiqh Maqashid Syariah; Moderasi Islam antara Aliran Tekstual dan Liberal” ini, Qaradhawi memberikan pencerahan yang luar biasa bagi terciptanya pemahaman dan pengalaman ajaran Islam sebagai agama yang sempurna dan rahmatan lil alamin dalam buku ini.

Di jelaskan secara gamblang oleh Qaradhawi, bahwa Islam adalah agama yang senantiasa eksis dan sesuai dengan perkembangan dengan segala kondisi yang dihadapi umatnya. Qaradhawi telah membuktikan kedalaman ilmunya dan penguasaannya terhadap maksud-maksud nash-nash syariat yang luhur, sejalan dengan semangat keadilan dan kemajuan.

Qaradhawi dalam buku ini, juga menjelaskan dan mengajak kepada kita semua agar bersikap dan berdiri dalam barisan orang-orang yang secara tegas mengambil jalan tengah, jalan orang-orang yang memiliki pemahaman kaffah, tidak sombong dengan pendapat kelompoknya, terbuka dengan perbedaan, menolak ekstrimisme, dan anti liberalisme.

Syeikh Yusuf Qaradhawi, menerangkan dibuku tersebut agar kita tidak terjebak dan terpengaruh dengan model-model pemahaman ekstrim yang sempit dari kaum tekstual, dan juga tidak terseret dengan pemahaman liar dari kaum liberal yang sering melampaui batas. Qaradhawi mampu mengombinasikan teks-teks partikular dengan maksud-maksud global, menyambungkan tuntunan syariat dengan realita kehidupan, serta terbuka dan toleran dengan perkembangan zaman dalam batas-batas yang tidak bertentangan dengan nash syariat.

Qaradhawi mengajak umat Islam untuk mampu menebarkan rahmat bagi segenap penghuni alam. Menjadi umat yang sejuk dan teduh, jauh dari wajah angker yang menakutkan atau pun wajah lembek yang selalu menuruti kemauan orang lain. Qaradhawi ingin mengajak umat Islam memiliki kemampuan memahami teks syariat dalam bingkai konteksnya dan mengamalkan ajaran agamanya secara cermat dan proporsional.

Yusuf Qaradhawi memberi nasehat agar umat Islam tidak terjebak dalam manhaj orang-orang tekstual yang sering memahami nash-nash agama hanya terfokus pada zhahir dan literalnya, dan cenderung kurang melihat kepada subtansi dan hakekatnya. Qaradhawi juga berharap kita umat Islam tidak terbawa pada model pemahaman orang-orang sekular dan liberal, yang suka memahami dan mengimplementasikan ajaran agamanya cenderung semaunya dan hanya mengandalkan logika belaka.

You are here: Artikel View Aliran & Dakwah Moderasi Islam antara Aliran Tekstual dan Liberal